>

Minggu, 07 Februari 2016

Sepatu Anti-Pelecehan Karya Anak Bangsa

Kembali lagi anak bangsa mampu mengharumkan nama Indonesia di kanca Internasional. Hibar Syahrul Gofur (15), pelajar SMP N 1 Bogor ini berhasil menciptakan sepatu anti pelecehan seksual khusus untuk perempuan. Ide sepatu ini didapatkan pada saat Hibar menonton TV yang memberitakan pelecehan seksual yang dialami perempuan baik di jalan maupun di angkutan umum.

Sepatu ini memiliki tegangan dua kali teganan listrik rumah satu fasa (220 volt) yaitu 450 volt yang cukup untuk membuat melumpuhkan manusia yang tersengat. Listrik disalurkan dengan cara memasukan lempeng kecil yang pipih kedalam sol sepatu dan daya yang didapat melalui baterai 9 volt.
log.viva


Pembuatan sepatu dilalui dengan jalan yang tak mudah. Kendala dana yang menjadi masalahnya. Ayah Hibar terpaksa meminjam uang untuk modal awal pembuatan sepatu tersebut sebesar Rp 2 juta. Hibar juga berkali-kali tersengat listriknya. Usaha Hibar membuat sepatu ini pun berbuah manis. Hibar menyabet medali emas dalam kompetisi International Exhibition of Young Inventors (IEYI) di Malaysia. Semoga karya anak bangsa ini dapat dikembangkan kembali demi kemajuan negeri Indonesia.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar