>

Minggu, 07 Februari 2016

5 Fakta Menarik di Kabupaten Grobogan

Kabupaten Grobogan merupakan salah satu kabupaten yang ada di Provinsi Jawa Tengah yang dimana memiliki batas wilayah dengan Kabupaten Demak, Kudus, Semarang, Pati, Blora, Sragen. Untuk memperkenalkanmu lebih jauh dengan Grobogan, simaklah penuturan berikut ini. Semoga bisa menambah pengetahuanmu.

1. Kabupaten Terluas Kedua di Jawa Tengah

Kabupaten Grobogan  memiliki luas wilayah 1.975,865 km2 sehingga merupakan Kabupaten terluas kedua setelah Kabupaten Cilacap yang memiliki luas wilayah 2.142,59 km2 . Grobogan memiliki jumlah penduduk sebesar 1.413.328 jiwa (sensus 2010) ini terdiri dari 19 kecamatan, yang dibagi lagi atas 273 desa dan 7 kelurahan.

wikipedia

2. Merupakan Penghasil Jagung Terbesar

Kabupaten Grobogan merupakan salah satu kabupaten penghasil jagung terbesar di Indonesia. Hal ini terbukti dengan pada tahun 2010 berhasil memecahkan rekor MURI dalam acara bakar jagung terbanyak di Alun-alun Purwodadi. Acara ini diadakan karena dapat memproduksi jagung yang melebihi 700 ribu ton/tahun dengan areal pertanian yang tidak mudah untuk memperoleh air membuat prestasi tersendiri.

 3. Bledug Kuwu yang Mengandung Garam

Kabupaten Grobogan terdapat fenomena alam yang menakjubkan yaitu letupan lumpur. Penduduk setempat menamainya dengan nama Bleduk (letupan) Kuwu (daerahnya). Bleduk kuwu ini terdapat Desa Kuwu, Kecamatan Kradenan, Kabupaten Grobogan. Kamu akan disuguhi pemandangan lumpur yang meletup-letup yang mengeluarkan asap tapi uniknya lumpur dikawasan ini tidak panas sama sekali. Selain itu lumpur ini mengandung garam sehingga dimanfaatkan oleh warga untuk membuat garam.

4. Api yang Tidak Pernah Padam

Selain Bleduk Kuwu tadi juga terdapat fenomena alam yang tidak kalah menakjubkan yaitu api abadi Mrapen. Api abadi Mrapen ini tidak akan mati meski diguyur hujan. Api abadi ini sering di gunakan untuk upacara waisak dan untuk menyalakan obor acara Seagames. Menurut para ahli hal ini terjadi karena adanya gas alam yang keluar dari tanah dan tersulut api.

5. Kuliner Swieke Khas Grobogan

Kurang lengkap rasanya apabila belum membahas tentang kuliner khas Grobogan yaitu swieke. Menariknya disini daging yang digunakan di swieke ini adalah katak/kodok. Tentu olahan katak/kodok bagi mayoritas masyarakat makanan ini cukup ekstreem tapi juga ada rumah makan di Grobogan menggantinya dengan ayam. Ada yang bilang sih yang sudah pernah singgah di Grobogan tapi belum makan swieke pasti rugi.

Cukup sekian bahasan tentang 5 Fakta Menarik dari Kabupaten Grobogan dan semogan menambah wawasan pembaca semua.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar